JENIS METODE PENELITIAN KUALITATIF

 Jenis metode penelitian kualitatif


Ada dua metode penelitian yang digunakan para peneliti, yaitu metode penelitian kuantitatif dan metode penelitioan kualitatif. Di antara dua metode penelitian tersebut, metode kuantitatif merupakan metode yang lebih banyak digunakan karena lebih mudah dan lebih cepat.


Tetapi; Chua (1986) mengatakan bahwa metode kuantitatif  memiliki keterbatasan dalam menjangkau permasalahan. Karena itu perlu cara khusus yang bisa menjawab pertanyaan-pernyataan yang tidak bisa dijawab dengan metode penelitian kuantitatif. Metode ini disebut metode penelitian kualitatif.


Ali dan Yusof (2011) mendefinisikan metode penelitian kualitatif sebagai:

Any investigation which does not make use of statistical procedures is called “qualitative” nowdays, as if this were a quality label in itself.


Analisis dan ketajaman penelitian kualitatif sangat terpengaruh pada teknik yang digunakan. Basri (2014) menyimpulkan bahwa fokus dari penelitian kualitatif adalah pada teknik dan pemaknaan hasilnya. 


McCusker, K., & Gunaydin, S. (2015), menyatakan bahwa pemilihan penggunaan metode kualitatif dalam hal tujuan penelitiannya sangat penting untuk memahami fenomena suatu komunitas atau individu-individu terhadap isu tertentu. Oleh sebab itulah, sangat penting untuk memastikan kembali kualtias dari proses penelitian karena peneliti akan memberikan interpretasi terhadap semua data yang dianalisisnya. 

Comments

Popular posts from this blog

APA ITU ANALISIS KUALITATIF?

APA ITU METODE PENELITIAN KUALITATIF