METODE PENELITIAN DAN MACAMNYA

Metode penelitaian adalah suatu  prosedur atau langkah-langkah untuk mendapatkan pengetahuan atau ilmu. Jadi metode penelitian secara sistematik akan menyusun ilmu-ilmu untuk mendapatkan ilmu baru, sedangkan teknik penelitian adalah cara untuk mendapatkan suatu ilmu baru tersebut dengan cara-cara atau metode tertentu.

Macam-macam metode penelitian.

1. Metode eksperimental atau uji coba. Adalah penelitian untuk menguji apakah variabel-variabel eksperimen ini efektif atau tidak. Untuk menguji keefektifan keefektifannya harus menggunakan variabel kontrol. Penelitian eksperimen adalah untuk menguji hipotesis yang disebutkan oleh peneliti.

2. Metode verifikasi atau pengujian. Yaitu untuk menguji seberapa jauh tujuan yang telah dibuat dan seberapa cocok dengan harapan atau teori yang ada. Tujuannya adalah untuk menguji teori-teori yang ada sehingga didapatkan teori baru yang lebih baik dan ilmu yang baru.

3. Metode deskriptif atau mendeskripsikan. Yaitu metode yang digunakan untuk mencari unsur-unsur ciri-ciri sifat maupun fenomena metode ini dimulai dengan mengumpulkan data analisis data dan kemudian menginterpretasikannya biasanya metode ini banyak digunakan untuk teknik survei studi kasus studi komparatif analisis dokumenter.

4. Metode historis yaitu suatu metode penelitian. Yang meneliti sesuatu yang terjadi di masa lampau dalam penerapannya metode ini bersifat komparative historis yuridis dan biografi penelitian historis tujuannya untuk menemukan penyebab dan membuat rekonstruksi pada masa lalu dapat dievaluasi diverifikasi dan dapat dibuat suatu sintesa untuk menegakkan fakta-fakta dan bukti guna memperoleh kesimpulan yang kuat.

Comments

Popular posts from this blog

JENIS METODE PENELITIAN KUALITATIF

APA ITU ANALISIS KUALITATIF?

APA ITU METODE PENELITIAN KUALITATIF